Modelling Soft Drink


Persiapan sebuah label yang dipergunakan untuk membuat material pada obyek, atau bisa download disini.

1.Untuk membuat Kaleng Soft drink, klik panel Create -> Shape -> Line. Kemudian buat garis penampang pada Viewport Front seperti tampak pada gambar.


2.Gelas tersebut masih dalam bentuk 2D, untuk menjadikan obyek 3 dimensi, klik pada panel Modify -> Modifier List -> Lathe, maka bentuknya tidak mirip kaleng yang kita harapkan.



3.Untuk merubah obyek tersebut menjadi model Kaleng, Klik tombol Min pada Align Paramater sehingga hasilnya seperti pada gambar berikut.



4.Agar bentuk kaleng lebih halus, maka tambahkan segments = 64



Membuat Label pada Soft Drink
1.Buat sebuah Line tepat disamping kaleng yang telah dibuat sebelumnya


2.Kemudian tambahkan modifier Lathe, seperti langkah sebelumnya, untuk merubah garis tersebut agar sesuai dengan label yang diinginkan, Klik tanda (+) di Modifier Lathe tersebut, maka akan tampil Axis. Di Viewport Front, drag Axis (panah sumbu X) ke kanan sehingga sebesar obyek kaleng, seperti pada gambar.



3.Sekarang waktunya untuk memberikan material, buka material editor dengan menekan ”M” pada keyboard.


4.Pada rollout Shader Basic Parameter, aktifkan pilihan ”2-Sided” kemudian klik kotak disamping Diffuse.


5.Setelah muncul Material/Map Editor -> Bitmap, kemudian pilih material (label) yang telah disediakan “orange.jpg” lalu klik tombol Open



6.Seleksi obyek penampang yang berfungsi untuk menempatkan label, Klik ”Assign Material to Selection” dan klik tombol ”Show Map in Viewport”


7.Tapi material yang diterapkan ke objek belum sesuai dengan yang kita inginkan, klik pada tab Modify -> UWP Map dan aktifkan tipe Mapping = Cylindrical



9.Pada Viewport front aktifkan tool “Angle Snap Toggle” kemudian putar (Rotate) sesuai dengan bentuk kaleng.



10.Ok, modelling selesai, klik viewport Perspective tekan F9 untuk melakukan rendering. Maka hasil akhirnya seperti berikut. Good Luck