Iwan Fals


Iwan Fals Musisi tersohor asal Leuwinanggung ini lahir pada tanggal 3 September 1961. Perjalanan musik Iwan Fals dimulai ketika ngamen di Bandung pada usia 13 tahun. Lagu Favorit Iwan Fals pada waktu kecil yaitu sepasang Mata Bola dan Waiya yang selalu dimainkan dengan gitarnya.
Pada waktu itu Iwan Fals mulai gandrung dengan gitar, di tiap tempat nongkrongnya lagu-lagu seperti Rolling Stone selalu mereka mainkan. Dari itu, Iwan Fals mulai tertarik untuk menciptakan lagu sendiri dengan keyakinan bahwa "biar jelek-jelek, yang penting lagu ciptaanku sendiri". Lagu-lagu Iwan Fals saat itu liriknya dibuat lucu, humor, canda, dan menggubah lagu orang, tetapi lagu-lagu tersebut malah lebih akrab di telinga teman nongkrongnya.
Setelah banyak membuat lagu, Iwan Fals biasa sering mengisi di acara hajatan, kawinan atau sunatan, tawaran tersebut muncul dari manajernya Engkos, yang tukang bengkel sepeda motor. Saat itu nama Iwan Fals mulai dikenal.
Suatu saat ada orang datang ke Bandung dari Jakarta, ternyata lagu-lagu Iwan Fals sudah dikenal di Kota Jakarta.
Setelah itu, Iwan Fals memberanikan diri pergi ke Jakarta atas anjuran teman-temannya, dengan merelakan motor kesayangannya untuk membuat master. Iwan Fals pergi ke Jakarta bersama teman-temannya dari Bandung yaitu Toto Gunarto, Helmi, Bambang Buleyang tergabung dalam Amburadul.
Setelah rekaman, ternyata kaset tersebut tidak laku. Lalu Iwan Fals mengikuti berbagai festival, dan mendapatkan Juara di festival musik country, oleh Arwah Setiawan (almarhum) lagu-lagu Iwan Fals mulai direkam dan diproduseri oleh Handoko.
Pada Akhirnya Iwan Fals rekaman di Musica Studio, yang sebelumnya sudah rekaman sekitar 4 sampai 5 album. Setelah rekaman di Musica, lagu-lagu Iwan Fals di album "Sarjana Muda" mulai dikenal oleh banyak orang dan sukses besar di album-album berikutnya. Sukses buat bang Iwan, yang selama ini telah menciptakan lagu-lagu yang berkualitas dan sesuai dengan keadaan bangsa ini.
Maju terus Iwan, ditunggu album terbarunya.

Sumber : www.iwanfals.co.id